Kamis, 10 November 2011

Cara Mempergunakan Microsoft Word 2007



Disini saya akan mengexplore cara menggunakan sekaligus memperkenalkan icon icon serta kegunaannya lengkap dengan screen shot pada Microsoft Word 2007. 

Memulai Aplikasi Microsoft Office Word 2007
Untuk membuka Microsoft Word caranya adalah:
Ø Klik Tombol Start yang ada di taskbar.
Ø Pilih menu All Program dan muncul sejumlah menu.  Kemudian arahkan pointer ke Microsoft Office dan klik program aplikasi Microsoft Office Word 2007. Tunggu sampai jendela Microsoft Office Word 2007 ditampilkan.

Kita juga bisa membuka aplikasi Microsoft Office Word 2007 menggunakan shorchut didesktop dengan cara mengklik dua kali tombol mouse pada Microsoft Office Word 2007.






Adapun untuk membuat shorchut tersebut adalah:
 Ø Klik Tombol Start yang ada di taskbar lalu pilih All Program
 Ø Sorot Microsoft Office dan klik kanan pada Icon Microsoft Office Word 2007.
 Ø Ketika muncul sejumlah menu, klik Send To dilanjutkan dengan    mengklik Desktop (create shorchut).




Tampilan Jendela Microsoft Office Word 2007
Berikut adalah tampilan jendela Microsoft Office Word 2007:
  Ø  Tombol Microsoft Office, hampir sama dengan menu file pada Microsoft Word versi sebelumnya (2000, XP, dan 2003). Berisi menu new, open, save, print, dan sebagainya.
  Ø  Toolbar Quick Access, yang secara default toolbar ini menyediakan tombol Save, Undo, dan Repeat. Namun dapat ditambah dengan mengklik gambar panah (drop down) di ujung kanan toolbar ini dan tandai yang belum ditampilkan atau klik More Commands

  Ø    Title bar, yang terletak paling atas pada jendela word. Title bar ini menampilkan  nama dokumen yang sedang kita buka. Untuk dokumen yang belum disimpan/diberi nama maka Microsoft Word akan menampilkan file tersebut dengan nama Document 1, 2, 3 dan seterusnya.
  Ø  Tombol Close, Tombol tersebut berfungsi menutup aplikasi Microsoft Word.
  Ø  Ribbon, Berisi beberapa tab yang berisi beberapa group icon.
  Ø  Scroll bars, Berfungsi untuk menggeser layar kerja. Jika ingin menggeser layar kerja ke kiri atau ke kanan gunakan horizontal scroll bar, atau menggeser layar kerja ke atas dan ke bawah gunakan vertical scroll bar.
  Ø  Ruler, Bagian ini berfungsi sebagai alat bantu dalam penentuan margin (batas) dari lembar kerja, garis, tabulasi dan lain-lain. 
  Ø  Status bar, memberikan informasi tentang letak insertion point, halaman, section, jumlah halaman, dan bahasa yang digunakan.
  Ø  Tombol View. Tombol ini berfungsi untuk merubah tampilan dokumen seperti print layout, fullscreen layout, web layout, out line dan draft.
  Ø  Kontrol Zoom. Digunakan untuk menentukan ukuran tampilan lembar kerja di layar pada jendela word.

Membuat Dokumen Baru
Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bisa menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru.

  • Ø  Klik tombol Microsoft Office , lalu klik New .Maka keluar kotak dialog New

Ø Pada kotak dialog new documen, di bawah menu Templates, terdapat beberapa pilihan seperti:
• Blank document, untuk dokumen yang kosong.
• Installed template untuk membuat dokumen dari bebera template yang disertakan
dalam paket Microsoft Word.
• My Template untuk dokumen dari template buatan.
• New from existing untuk membuat dokumen dari bebera template yang terdapat pada file yang telah disimpan.
• Jika komputer yang sedang digunakan terhubung ke internet, kita juga dapat menggunakan template yang disediakan pada Microsoft Office Online.
Ø Jika sudah dipilih, klik Create. Atau bisa juga menggunakan cara alternatif:
Ø Klik tombol New Document  yang ada pada toolbar quick access (jika sudah dibuat).
Ø Apabila pada toolbar Quick Acces belum terdapat icon file, klik gambar panah di ujung toolbar lalu klik (tandai) pada kata new.
Ø Selain kedua alternatif di atas, bisa juga dengan langsung menekan tombol CTRL+N di keyboard, maka dokumen baru akan ditampilkan di layar.

Mengenal Dasar Pengetikan

Ada dua istilah dalam pengetikan taitu Insertion point dan kursor, perbedaanya terletak bentuknya. Kalau insertion point berupa garis tegak (I) yang berkedip-kedip terdapat pada aplikasi windows sedangkan kursor adalah garis rebah (-) yang berkedip-kedip yang terdapat pada aplikasi DOS. Insertion point berfungsi sebagai penunjuk lokasi tempat memulai pengetikan atau menandai teks. Agar kita bergerak dengan cepat dalam suatu dokumen yang besar, maka kita harus tahu apa saja perintah untuk menggeser insertion poin ini.



Tombol Fungsi
Backspace
Menghapus satu karakter yang ada di sebelah kiri insertion point
Delete
Menghapus satu karakter yang ada di sebelah kanan insertion point
Enter         
Membuat paragraf baru
←   →
Berpindah ke kanan atau ke kiri satu karakter tanpa menghapus karakter
↓      ↑
Berpindah ke atas atau ke bawah satu baris tanpa menghapus karakter
Ctrl + ←/→
Berpindah ke kanan atau ke kiri satu kata
Ctrl + ↑/↓
Berpindah ke atas atau ke bawah satu paragraph
Home
Berpindah ke awal baris
End
Berpindah ke akhir baris
Ctrl + Home
Berpindah ke awal dokumen
Ctrl + End
Berpindah ke akhir dokumen
Page Up
Berpindah ke atas satu layar
Page Down
Berpindah ke bawah satu layar
Ctrl + Page Up
Berpindah ke atas satu halaman
Ctrl + Page Down
Berpindah ke bawah satu halaman

0 komentar:

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | Best Web Host